• +62831-5597-4110 (KSEI FEB UNDIP)
  • ksei.febundip@gmail.com

EKSYARTICLE – Modal Ventura Syariah Sebagai Alternatif Pembiayaan Usaha di Indonesia

                 Modal ventura merupakan suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta untuk jangka waktu tertentu. Pada umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk pemberian modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan. Saat ini Modal Ventura telah berkembang menjadi salah satu perantara yang sangat penting dalam pasar pembiayaan. Modal Ventura dapat menyediakan modal kepada perusahaan yang memiliki kesulitan dalam mendapatkan pembiayaan. Biasanya bentuk perusahaan ini masih kecil dan baru, terdorong oleh tingginya tingkat ketidakpastian dan resiko usaha serta besarnya perbedaan antara apa yang dimiliki oleh investor dan pengusaha. Selain itu, perusahaan ini biasanya memiliki asset yang sedikit sekali dan beroperasi pada pasar yang sering berubah-rubah. Perusahaan Modal ventura membiayai perusahaan dengan tingkat resiko yang tinggi, memiliki potensi laba yang tinggi.

             Modal ventura syari’ah adalah bisnis pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu dengan berlandaskan prinsip-prinsip syari’ah. Praktek modal ventura yang dilakukan berdasarkan akad syari’ah dan bergerak diusaha yang tidak bertentangan dengan prinsip syari’ah diakui. Modal ventura syariah merupakan salah satu alternatif pembiayaan yang memberikan kebebasan bagi pengusaha muslim untuk mengembangkan bisnis mereka dengan berdasarkan pada sistem syariah, tanpa harus risau tentang persyaratan yang harus dimiliki untuk mendapatkan pembiayaan. Perbedaan antara Modal Ventura dengan Modal Ventura Syariah adalah Modal Ventura mendanai semua jenis industri, sementara itu Modal Ventura Syariah hanya mendanai usaha yang mematuhi prinsip-prinsip syariah. Modal Ventura, berdasarkan pada equity pembiayaan, adalah dalam kerangka dari pembiayaan syariah selama berinvestasi pada produk yang diizinkan dan tanpa bunga.

               Jenis pembiayaan ini disediakan oleh perusahaan modal ventura dapat disikapi dengan tiga cara menurut prinsip-prinsip syariah: partisipasi yang sama, partisipasi yang sedikit dan bagi hasil. Modal Ventura Syariah sebagai salah satu alternatif pembiayaan pada ketaatan beragama dan mengurangi resiko ekonomi yang mungkin muncul. Modal Ventura Syariah bertujuan untuk membantu inovasi bisnis baru dengan terlibat dalam mengembangkan dan membangun perusahaan. Metode pembiayaan dari modal Ventura Syariah terdiri atas dua pilihan akad: mudharabah atau musyarakah. Mudharabah merupakan transaksi oleh dua pihak yang bekerjasama untuk menghasilkan keuntungan. Pihak pertama sebagai pemilik modal dan pihak kedua sebagai pelaksana bisnis. Musyarakah adalah suatu transaksi perusahaan antara dua pihak yang pembagian hasil didasari dari perjanjian prebandingan dan rugi berdasarkan proporsi dana dan mudharabah adalah transaksi perusahaan didasari pada harga modal dengan tambahan perjanjian keuntungan.

       Berdasarkan data OJK (2018), terdapat 7 perusahaan modal ventura syariah dari total 62 perusahaan modal ventura pada umumnya, antara lain:  PT Permodalan Nasional Madani Techno Venture Syariah, PT Persada Ventura Syariah (PT Waqof Ventura Syariah), PT Amanah Ventura Syariah, PT Permodalan BMT Ventura, PT. Vasham Kosa Sejahtera, PT. Celebes Artha Ventura and PT Mitra Bisnis Keluarga. Data OJK menunjukkan bahwa asset yang dimiliki oleh Modal Ventura Syariah di Indonesia mencapai Rp. 1.267 T. sementara itu, hingga Oktober 2015, total pembiayaan dari Modal Ventura Syariah Rp. 337 milyar. Ini menunjukkan bahwa trendModal Ventura Syariah di Indonesia mulai tumbuh dan menjelma sebagai actor bisnis, terutama bagi pengusa muslim di Indonesia.

            Modal Ventura Syariah merupakan suatu lembaga pembiayaan yang lebih tepat di terapkan untuk menggenjot pertumbuhan UMK. Disamping semangat pembiayaannya yang menguntungkan semua pihak, baik itu Modal Ventura Syariah sebagai perusahaan pemodal, maupun pengusaha sebagai rekanan perusahaan modal ventura syariah, Keberadaan Modal Ventura di topang juga oleh syariat dan syariat yang berdasarkan kitab suci Al-Quran. Hal tersebut tercermin dari karakteristik Modal Ventura Syariah yang memperhatikan prinsip-prinsip syariah dalam aktivitas pembiayaannya. Keberadaan Modal Ventura Syariah menjadi sangat mendesak agar keberadaannya mampu untuk menopang pertumbuhan UMKM dan perusahaan startup. Jika diperlukan maka perusahaan Modal Ventura Syariah dapat berdiri di setiap kota. Pemerintah perlu juga kiranya memperhatikan sosialisasi mengenai Modal Ventura Syariah dan juga Modal Ventura Fund agar Modal Ventura Syariah yang telah didirikan tersebut dapat berjalan sesuai tujuan didirikannya.

 

 

Daftar Pustaka

Zulmi, A. & Rangkuty, D. M., 2020. Perbandingan Modal Ventura Konvensional dan Syariah : Studi Literatur Model Pembiayaan Startup dan UMKM di Provinsi Sumatera Barat. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 1(2), p. 5.

Gompers, P., & Lerner, J. (2001). The venture capital revolution. Journal of Economic Perspectives.

Soemitra, Andri. 2010. ank dan Lembaga Keuangan SyariȂah. Jakarta: Kencana. ed.1, cet.2.

AL-SUWAILEM, S. (1998). Venture Capital: A Potential Model of Musharakah. Journal of King Abdulaziz University-Islamic Economics

Hamid, A. (2015). Modal Ventura Syari’ah. Al-MASHARIF, 3(1), 139–154. Retrieved from http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/Al-masharif/article/view/1059

Dipo, H. (1993). Sukses Memperoleh Dana Usaha: Dengan Tinjaun Khusus Modal Ventura. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Fathonih, A., Anggadwita, G., & Ibraimi, S. (2019). Sharia venture capital as financing alternative of Muslim entrepreneurs: Opportunities, challenges and future research directions. Journal of Enterprising Communities. https://doi.org/10.1108/JEC-11-2018-0090

 

 

Leave your message