• 0896-6205-4692 (Bahrul)
  • ksei.febundip@gmail.com

ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN DAN MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO TERHADAP HALAL FASHION

(KSEI FEB UNIVERSITAS DIPONEGORO)

 

Industri Halal mempunyai 10 sektor dengan kontribusi yang paling besar yaitu financial, food, wisata dan perjalanan, fashion, kosmetik, farmasi, media dan rekreasional, kebugaran, pendidikan dan seni budaya. Berdasarkan Global Islamic Economy Indicator (GIEI) 2017 merilis Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara konsumen industri halal terbesar di dunia.

Lifestyle merupakan cerminan seseorang dalam cara menjalani hidup, cara menggunakan dan mengalokasikan waktu, serta mengatur pola hidup. Sebagian masyarakat sangat memperhatikan bagaimana gaya hidup yang akan dijalani. Hal ini menjadi sangat penting ketika lifestyle dapat menunjukkan cerminan kepribadian seseorang. Terlebih bagi umat muslim yang sudah mempunyai tatanan kehidupan yaitu dengan aturan Islam. Bagaimana segala aspek kehidupan sudah diatur dalam Islam menunjukkan bahwa sangatlah jelas gaya hidup sebagai seorang muslim yang ideal yaitu dengan bergaya hidup halal yang mana akan bergantung pada hukum Islam itu sendiri.

”Dan (Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam) menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk (Al-A’râf/7:157)”

Fashion dapat dianggap sebagai bagian dari budaya konsumen yang mendefinisikan identitas melalui konsumsi fashion. Menurut Cardoso et al. (2010), busana digunakan untuk mengkomunikasikan identitas sosial sebagai kode dan sebagai bentuk ekspresi diri. Globalisasi Islam dan gaya hidup konsumen. Muslim yang berkembang di Timur Tengah, Eropa dan Asia telah menghasilkan konten yang berfokus pada Islam yang muncul di banyak media telekomunikasi. Menurut versi Beta dan Hum (2011), penyebaran Muslim di seluruh dunia telah menjadi faktor yang membantu media gaya hidup Muslim untuk berkembang dan media Muslim untuk menyebar secara global.

Jilbab terlihat membedakan wanita Muslim dari wanita non-Muslim. Jilbab adalah lambang perempuan muslim. Tren Hijab kontemporer melindungi kesederhanaan seseorang dengan perpaduan ekspresi diri dan mereka terinspirasi oleh tren terbaru dalam mode mainstream. Fashion Hijab adalah individual gaya yang sangat besar dalam memakai Hijab. Kesempatan untuk mendefinisikan kembali simbol perempuan Muslim dalam pengembangan hijabistas belum ditemukan. Selama bertahun-tahun, busana jilbab telah berevolusi untuk melibatkan wanita Muslim dalam gaya mainstream, tetapi faktor yang mempengaruhi busana jilbab selain agama belum ditemukan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengetahuan sekaligus minat mahasiswa Universitas Diponegoro, terhadap halal fashion. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 102 orang responden Muslim dan non-Muslim. Responden merupakan mahasiswa aktif Universitas Diponegoro dari berbagai fakultas.

Diagram 1

Fashion atau penampilan merupakan salah satu unsur penting bagi seseorang. Hal ini terbukti sebanyak 64% responden berpendapat bahwa mereka sangat mempedulikan penampilan sehari-hari. Outfit yang digunakan seseorang dalam kesehariannya, tergantung kepada selera orang tersebut dan tren yang sedang berkembang. Salah satu tren fashion yang berkembang dewasa ini adalah halal fashion. Fashion yang digunakan dapat berpengaruh kepada produktifitas sehari-hari, karena fashion itu akan mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang.

Diagram 2

Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa 72% dari responden atau sekitar 73 orang mengetahui tentang halal fashion. Sebagian besar dari mereka berpendapat bahwa halal fashion merupakan pakaian yang sesuai dengan Syariat Islam. Meskipun halal fashion ini sesuai dengan syariat Islam, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk dikonsumsi oleh orang-orang non muslim.

Diagram 3

Kebayakan dari mereka juga telah mengetahui tentang perintah untuk menggunakan halal fashion tersebut. Salah satu perintah untuk menggunakan halal fashion terdapat dalam Q.S. An-Nur ayat 31.

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya. (Q.S. An-Nur ayat 31)

 

Maksud dari ayat di atas adalah perempuan harus menahan pandangan dan kemaluannya dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT. Allah SWT juga melarang perempuan untuk memamerkan perhiasan secara berlebihan. Perempuan juga diwajibkan untuk menggunakan kerudung yang menutupi dada mereka.

Diagram 4

Dengan pengetahuan tentang halal fashion tersebut, sekitar 82% atau 87 orang dari mereka menyatakan tertarik untuk menggunakan halal fashion. Ketertarikan ini bukanlah wacana belaka, hal ini terbukti dengan pesatnya perkembangan halal fashion di Indonesia dewasa ini. Sedangkan sisanya sekitar 18% atau 15 orang menyatakan tidak tertarik untuk menggunakan halal fashion tersebut. Mereka lebih nyaman dengan pakaian yang mereka gunakan saat ini. Menurut mereka, halal fashion tidak semenarik pakaian modern, banyak kelebihan pakaian modern yang tidak dimiliki oleh halal fashion. Diantaranya halal fashion itu menimbulkan rasa gerah bagi pengguna, sedangkan pakaian modern sangat nyaman. Tren pakaian modern juga terlihat lebih menarik dari pada halal fashion bagi sebagian orang.

Penulis mencantumkan beberapa sample cara berpakaian masa kini kepada responden. Diantaranya yaitu :

Gambar 1 merupakan cara berpakaian yang terbuka, seperti perempuan tanpa kerudung dengan baju dan celana ketat, sedangkan laki-laki menggunakan celana pendek. Gambar 2 merupakan pakaian yang sudah mulai menutui aurat. Perempuan sudah menggunakan kerudung walaupun belum menutupi sampai ke dada, sedangkan laki-laki telah menggunakan celana panjang. Gambar 3 merupakan pakaian yang sudah sesuai dengan syariat Islam. Perempuan telah menggunakan kerudung dang menutupi sampai ke dada dan menggunakan pakaian longgar. Laki-laki menggunakan baju muslim dan celana panjang sekaligus menggunakan peci. Gambar 4 merupakan pakaian wanita bercadar yang menutupi seluruh tubuhnya kecuali mata. Sedangkan laki-laki menggunakan jubah sampai ke mata kaki. Hasil yang didapat adalah sebagai berikut :

Dari diagram diatas, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan dari resonden mengkonsumsi produk seperti ditunjukan oleh gambar 2, yaitu pakaian dengan kerudung oleh perempuan tetapi belum menutupi sampai ke dada, sedangkan laki-laki dengan baju lengan pendek dan celana jeans panjang. Sedangkan pakaian ideal menurut kebanyakan responden yaitu gambar 3 yang sudah sesuai dengan syariat Islam. Perempuan menggunakan kerudung dan menutupi sampai ke dada. Sedangkan pakaian laki-laki juga telah menutupi aurat secara sempurna dari pusar sampai ke lutut.

 

Minat mahasiswa Universitas Diponegoro akan halal fashion sudah cukup tinggi, hanya diperlukan sedikit dorongan dari beberapa pihak agar halal fashion ini dapat berkembang pesat dilingkungan Universitas Diponegoro. Jika kita dapat mengembangkan halal fashion, hal ini dapat menjadi tren baru yang mampu bersaing dengan pakaian modern lainnya.

Leave your message