• 082280336808 (Maryam)
  • ksei.febundip@gmail.com

KSEI UNDIP GOES TO KAJIAN FE UNNES

Jumat, 15 September 2017, KSEI FEB UNDIP mengunjungi KSEI FE UNNES untuk melakukan Kajian Eksternal. Kajian Eksternal sendiri adalah salah satu program kerja dari Biro Kajian KSEI FEB UNDIP yang kali ini berkunjung ke KSEI FE UNNES. Kajian Eksternal ini, Bertujuan untuk Meningkatkan Sillaturahim Pengurus KSEI FEB UNDIP dengan KSEI FE UNNES, dan untuk meningkatkan pengetahuan Ekonomi Islam dari pengurus Ksei. Kajian Eksternal ini sangat penting karena dapat memupuk semangat Pengurus untuk Belajar Ekonomi Islam dari Kajian Universitas lain yang ada di semarang. Kajian ini yang bertepat di Pelataran C3 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang menghadirkan Ust. Didik Nugroho dan Ust. Ngardi. Dengan Tema ZISWAF (Zakat, Infaq, Sodaqah, dan Wakaf ) mengundang pembicara dari Lazis Jateng yaitu Ust. Didik Nugroho dan Ust. Ngardi.

Ust. Didik Merupakan Pimpinan Lazis Kota Semarang. Lazis merupakan lembaga Amil Zakat, Infaq, Sodaqah. Beliau membahas ZISWAF dari segi Beda infaq, zakat, wakaf, dan sedekah, Bedah ayat kewajiban zakat, bedah ayat Mushorif Zakat dan jenis-jenis zakat. Zakat adalah mengeluarkan harta berdasarkan nishab tertentu, infaq adalah seluruh bentuk pengerahan kemampuan kita dalam material ataupun material, Sodaqah adalah bentuk kejujuran dalam rangka pembuktian iman dan bakti seseorang muslim kepada Allah SWT, dan wakaf adalah penahan hak milik atas materi benda untuk tujuan menyedekahkan. Syarat harta yang dizakatkan adalah harta yang memiliki penuh kepemilikikannya, harta yang berkembang , nisab 2,5% dari harta atau sesuai ketentuannya. Beberapa sasaran zakat yaitu fakir, amil, muallaf, budak, sabilillah,dan musafir.

Selain itu ada narasumber kedua yaitu Ust. Ngardi yang merupakan Manajer Program dari Lazis Jateng dalam hal ini membahas Program-program dari Lazis Jateng. Lembaga Amil Zakat wajib memberikan pemberdayaan masyarakat. Lazis memberikan pemberdayaan masyarakat yaitu Beberapa program dalam bidang pendidikan terdiri dari Beasiswa, Pesantren, dan Paud atau TPQ. Dalam bidang Ekonomi yang terdiri dari Ternak, Degan, Cukur Rambut selain itu Program Lazis Jateng yaitu Layanan Ambulance untuk masyarakat umum.

Terima kasih KSEI FE Unnes yang telah menyambut kami dengan sangat baik. Terima kasih pula atas ilmu yang telah dibagi dengan kami. Semoga ukhuwah ini akan tetap terjaga dan terus terjalin ke depannya😊


Leave your message