• 082280336808 (Maryam)
  • ksei.febundip@gmail.com

KSEI Roadshow to School | SMA 5 Semarang

Rabu, 26 April 2017 telah terlaksana rangkaian acara KSEI Roadshow to School yang pertama. KSEI Roadshow to School (KSEI RTS) merupakan acara KSEI FEB Undip yang bertujuan untuk mengenalkan sejak dini ekonomi islam kepada siswa/siswi SMA sederajat. Rencananya KSEI RTS insyaAllah akan dilaksanakan di 3 SMA di Semarang. SMA Negeri 5 Semarang menjadi pembuka dalam KSEI RTS tahun ini.

Acara dibuka oleh Akhina Victorio Aqsa selaku MC, dilanjutkan dengan pembacaan tilawah. Selanjutnya sambutan-sambutan dari ketua KSEI FEB Undip (Akhina Vega Alberta), dari kepala SMA Negeri 5 Semarang (Bapak

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Bapak Singgih Fatchurochim dari Bank Jateng Syariah. Beliau banyak memberikan materi tentang dasar-dasar ekonomi islam. Bapak Singgih berbagi cerita pada tahun 1998 saat Indonesia dilanda krisis moneter, sebagian besar bank terkena dampak dari peristiwa tersebut. Tetapi bank Muamalat yang menerapkan prinsip syariah menjadi satu-satunya bank yang tidak terkena dampak krisis moneter tersebut. Ini menunjukkan keunggulan bank syariah dibandingkan dengan bank konvensional.

Pembicara kedua yakni Ibu Dewi Kurniawati mengenalkan materi tentang perbankan syariah terkhususnya Bank Jateng Syariah. Bagaimana prinsip-prinsip syariah diterapkan di Bank Syariah dijelaskan oleh Ibu Dewi Kurniawati. Beliau juga mempromosikan tabungan Simpel atau tabungan yang khusus untuk pelajar. Setelah pemaparan materi dari kedua pembicara, selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Terlihat antusias dari siswa siswi yang mengajukan pertanyaan sekitar ekonomi islam. Pemaparan materi diakhiri dengan penyerahan plakat kepada kedua pembicara.

Setelah sesi pembicara dari Bank Jateng Syariah, pembicara selanjutnya dari Otoritas Jasa Keuangan yakni Bapak Zulkifli Mohammad. Beliau mengenalkan OJK serta tugas OJK terkait bank syariah yakni salah satunya tentang pengawasan bank syariah. Sesi setelah pemaparan materi yakni sesi tanya jawab. Terliat antusias yang tinggi dari para siswa. Banyak dari mereka yang mengajukan pertanyaan. Bagaimana potensi bank syariah kedepan hingga ada pertanyaan bagaimana solusi OJK jika mengalami kesulitan-kesulitan dalam pengawasan bank syariah. Selanjutnya penyerahan plakat kepada bapak Zulkifli.

Sebelum penutupan, ada sesi promosi terkait lomba Olimpiade Ekonomi Islam SEHATI 8 yang sampaikan oleh Akhina Firhan. Acara pertama RTS ini ditutup dengan foto bersama antara panitia dan para siswa.

Terima kasih kami sampaikan kepada guru, karyawan, dan siswa siswi SMA Negeri 5 Semarang, serta kepada para pembicara dan panitia yang telah menyukseskan acara RTS pada rangkaian yang pertama ini. Serta telah memberi kesempatan KSEI FEB Undip dalam mendakwahkan ekonomi islam khususnya kepada siswa/siswi SMA sederajat. Semoga materi yang telah disampaikan dapat menambah ilmu bagi para siswa dan dapat menerapkan ekonomi islam dalam kehidupan sehari-hari mereka.


Leave your message