• 082280336808 (Maryam)
  • ksei.febundip@gmail.com

Pendidikan Ekonomi Syariah Sebagai Instrumen Untuk Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Negara

Di Indonesia saat ini pekermbangan pendidikan ekonomi syariah sudah mulai berkembang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya program studi di berbagai perguruan tinggi baik yang berada di bawah naungan Kementerian Agama ataupun berada di bawah nauangan Kementerian Riset, Teknogi dan Pendidikan Tinggi. Tidak hanya program studi, ada juga berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh beberapa organisasi berkaitan dengan ekonomi syariah.
Meskipun relaif banyak yang sudah memfasilitasi terkait dengan pendidikan ekonomi syariah, namun masih terdapat permasalahan yang berkaitan dengan hal tersebut. Permasalahan ini terkait dengan kualitas pendidikan ekonomi syariah yang masih perlu ditingkatkan guna menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu diperlukan sejumlah langkah stategis guna meningkatkan kualitas pendidikan ekonomi syariah sehingga pendidikan ekonomi syariah terutama di Indonesia memiliki daya saing di dunia internasional.
Salah satunya yaitu perlunya peningkatan kualitas kurikulum pendidikan ekonomi syariah. Cara penyelesaian hal tersebut diantaranya perlunya standarisasi kurikulum pendidikan ekonomi syariah, baik yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi maupun lembaga atau organisasi yang ada. Selain itu, alangkah baiknya jika kurikulum pendidikan ekonomi syariah dapat disesuaikan ataupun beradaptasi dengan perkembangan masa. Untuk itu diperlukan adanya koordinasi antara pemerintah dengan berbagai lembaga ataupun organisasi yang ada guna melalukan evaluasi untuk kemudian menysusun aturan yang terkait dengan kurikulum pendidikan ekonomi syariah tersebut.
Namun, disisi lain tidak hanya kurikulum pendidikan ekonomi syariah saja yang perlu diperbaiki. Pihak lembaga ataupun organisasi yang telah memfasilitasi pendidikan ekonomi syariah juga harus memastikan kualitas sumber daya tenaga pendidik yang ada. Jika tenaga pendidik memiliki kualitas sumber daya manusia yang bagus, tentu hal ini akan berpengaruh pada sumber daya yang akan dididik olehnya nanti.
Selain itu diperlukan adanya dukungan dari pemerintah terkait dengan perkembangan pendidikan ekonomi syariah, misalnya saja melalui penyediaan fasilitas penunjang guna meningkatkan kualitas pendidikan ekonomi syariah yang ada. Dengan adanya fasilitas yang lengkap, yangmana disediakan oleh pemerintah diharapkan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pendidikan akan menjadi lebih mudah, sebagai contoh fasilitas yang disediakan pemerintah untuk mempermudah penelitian – penelitian yang ada pada perguruan tinggi, hal ini tentunya akan meningkatkan kualitas dari pendidikan itu sendiri.
Selain itu perlu adanya koordinasi dengan dunia industri sebagai sarana untuk mengaplikasikan perkembangan ekonomi syariah yang ada. Dunia industri seperti yang kita tahu bahwasannya dunia industri juga memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan perekonomian, salah satunya adalah yang menerapkan sistem ekonomi syariah, yang pada dasarnya tentu saja memerlukan sumber daya yang berkualitas, salah satunya sumber daya manusia. Industri ini tidak hanya yang berkaitan dengan produksi saja tentunya, bisa juga industr yang berkaitan dengan keuangan.
Hal – hal tersebut tentu saja berguna bagi perkembangan pendidikan ekonomi syariah yang ada, dengan demikian tentu akan menghasilkan sumber daya – sumber daya manusia yang berkualitas, jika sumber daya manusia berkualitas tentu akan mampu meningkatkan berbagai aktivitas yang ada terutama berkaitan dengan pengelolaan sumber daya yang ada, salah satunya adalah sumber daya manusia. Dengan demikian, hal tersebut akan mampu meningkatkan pembangunan ekonomi suatu negara.

Ditulis oleh
Redita Aprilia
Staff Ahli Divisi Jaringan Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Leave your message