• 082280336808 (Maryam)
  • ksei.febundip@gmail.com

Category ArchiveKegiatan

Membangun Negeri dengan Menegakkan Prinsip Ekonomi Syariah melalui SET 1

Sabtu, 18 November 2017 KSEI FEB Undip telah melaksanakan SET 1 (Sharia Economic Training 1) dengan tema “Menjadi Pemuda Pembangun Negeri dengan Menegakkan Prinsip Ekonomi Syariah”. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Open Recruitment KSEI FEB Undip. Sesuai temanya, SET 1 ini bertujuan untuk mengenalkan kepada para calon pejuang ekonom rabbani mengenai ekonomi Islam, tentang FoSSEI, dan tentang keorganisasian. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB di ruang EB 3.8 Gedung B Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip, Tembalang, Semarang. Dibuka oleh Alam Armansyah selaku MC kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FoSSEI yang dipandu oleh Yasri Tata. Kemudian pembacaan tilawatil Al-qur’an oleh Manarul Hidayat. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama yakni sambutan Ketua Panitia SET 1 dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua KSEI FEB UNDIP. Diakhiri dengan sambutan pembina KSEI FEB Undip yakni Bapak Adityawarman.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi oleh Ibu Fajar Fitriana dari perwakilan Otoritas Jasa Keuangan. Ibu Fitriana memberikan materi mengenai pengantar ekonomi Islam. Kemudian dilanjutkan oleh rekannya yakni Bapak Catur yang menerangkan mengenai perkembangan ekonomi Islam di Indonesia. Seusai pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab. Pemberian plakat diberikan kepada Ibu Fitria. Sesi kedua pemaparan materi disampaikan oleh Darihan Mubarak yakni Presidium Nasional FoSSEI yang memberikan materi mengenai ke-FoSSEI-an dan keorganisasian. Mengenalkan pada para calon pengurus KSEI tentang apa itu FoSSEI dan peran FoSSEI serta memberikan tips-tips dalam berorganisasi. Dilanjutkan dengan tanya jawab kemudian penyerahan plakat. Usai materi, para peserta SET 1 dipersilahkan untuk ishoma.

Setelah ishoma, peserta diperkenalkan kepada para pengurus harian mulai dari presiden, wakil presiden, manager, kabiro, dan staff ahli di kepengurusan 2018. Kemudian peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan FGD (Forum Group Discussion). Sebelum FGD dimulai, acara SET 1 ditutup dengan doa. FGD ini menjadi salah satu penilaian bagi peserta Oprec untuk menjadi pengurus KSEI. Peserta diberikan kasus mengenai halal lifestyle kemudian memilih peran dari 4 peran yakni Pemerintah, Masyarakat, Pelaku bisnis, dan Mahasiswa. Selanjutnya mereka mempresentasikan analisis SWOT terhadap tema tersebut sesuai sudut pandang dari peran mereka masing-masing. Usai FGD dilanjutkan dengan kegiatan santai yakni tanya jawab mengenai KSEI.


Suksesi KSEI FEB Undip 2017

Minggu, 29 Oktober 2017 KSEI FEB Undip melaksanakan pemilihan calon Presiden KSEI yang baru untuk masa jabatan di tahun 2017/2018 yang bertempat di Lantai 1 Student Center Universitas Diponegoro. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus KSEI dan para Dekom, sesuai dengan AD/ART bahwa dalam melakukan pemilihan tersebut sah apa bila di hadiri oleh ½ + 1 dari yang hadir. Alhamdulillah syarat tersebut terpenuhi sehingga pemilihan dapat dilaksanakan. Tepat pukul 09.30 WIB acara dibuka oleh MC, yaitu Akhina Endi Deswanto. Kemudian adanya pembacaan Tilwah Alquran oleh akhina Rahmat Fitriyansah, setelah itu sambutan Presiden KSEI akhina Vega Alberta. Demi berjalannya acara, dipilih 3 orang menjadi Presidium sementara yakni Satrio Fathurrahman, M. Faiq, dan Alam Armansyah.
Selanjutnya adanya pembahasan dan pengesahan agenda siding, pembahasan dan pengesahan tata tertib siding, pemilihan dan pengesahan presidium tetap.

Kemudian disambung dengan pemilhan calon presiden KSEI berkompeten berdasarkan pendapat para peserta sidang. Terdapat 8 (delapan) orang yang terpilih diantarannya
Firhan Oktavian W. (Akuntansi 2015)
Afif Arfenda (Manajemen 2015)
Achmad Hammam (Ekonomi Islam 2016)
Victorio Aqsa F. (Ekonomi Islam 2016)
Satrio Fathurrahman (Ekonomi Islam 2016)
Endi Deswanto (Akuntansi 2016)
Lindung Wicaksono (IESP 2015)
Rahmat Fitriansyah (Ekonomi Islam 2015)

Dilanjutkan dengan sesi Fit and Proper Test, didapat 4 calon yang lolos yakni:
Achmad Hammam (Ekonomi Islam 2016)
Victorio Aqsa F. (Ekonomi Islam 2016)
Satrio Fathurrahman (Ekonomi Islam 2016)
Endi Deswanto (Akuntansi 2016)

Keempat calon yang lolos ini, selanjutnya membacakan visi misi dan dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai bagaimana mereka akan membawa kepengurusan KSEI di tahun depan. Seusai pembacaan visi misi dan tanya jawab, peserta sidang bermusyawarah untuk menentukkan siapa yang akan memimpin KSEI FEB Undip setahun mendatang. Alhamdulillah wa innalillah, terpilihlah Endi Deswanto sebagai Presiden KSEI FEB Undip periode 2017/2018 mendatang. Diharapkan Akhi Endi dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya di kepengurusan selanjutnya. Membawa KSEI tetap istiqomah dalam mendakwahkan ekonomi islam dan tetap menjaga ukhuwah.


KSEI UNDIP GOES TO KAJIAN FE UNNES

Jumat, 15 September 2017, KSEI FEB UNDIP mengunjungi KSEI FE UNNES untuk melakukan Kajian Eksternal. Kajian Eksternal sendiri adalah salah satu program kerja dari Biro Kajian KSEI FEB UNDIP yang kali ini berkunjung ke KSEI FE UNNES. Kajian Eksternal ini, Bertujuan untuk Meningkatkan Sillaturahim Pengurus KSEI FEB UNDIP dengan KSEI FE UNNES, dan untuk meningkatkan pengetahuan Ekonomi Islam dari pengurus Ksei. Kajian Eksternal ini sangat penting karena dapat memupuk semangat Pengurus untuk Belajar Ekonomi Islam dari Kajian Universitas lain yang ada di semarang. Kajian ini yang bertepat di Pelataran C3 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang menghadirkan Ust. Didik Nugroho dan Ust. Ngardi. Dengan Tema ZISWAF (Zakat, Infaq, Sodaqah, dan Wakaf ) mengundang pembicara dari Lazis Jateng yaitu Ust. Didik Nugroho dan Ust. Ngardi.

Ust. Didik Merupakan Pimpinan Lazis Kota Semarang. Lazis merupakan lembaga Amil Zakat, Infaq, Sodaqah. Beliau membahas ZISWAF dari segi Beda infaq, zakat, wakaf, dan sedekah, Bedah ayat kewajiban zakat, bedah ayat Mushorif Zakat dan jenis-jenis zakat. Zakat adalah mengeluarkan harta berdasarkan nishab tertentu, infaq adalah seluruh bentuk pengerahan kemampuan kita dalam material ataupun material, Sodaqah adalah bentuk kejujuran dalam rangka pembuktian iman dan bakti seseorang muslim kepada Allah SWT, dan wakaf adalah penahan hak milik atas materi benda untuk tujuan menyedekahkan. Syarat harta yang dizakatkan adalah harta yang memiliki penuh kepemilikikannya, harta yang berkembang , nisab 2,5% dari harta atau sesuai ketentuannya. Beberapa sasaran zakat yaitu fakir, amil, muallaf, budak, sabilillah,dan musafir.

Selain itu ada narasumber kedua yaitu Ust. Ngardi yang merupakan Manajer Program dari Lazis Jateng dalam hal ini membahas Program-program dari Lazis Jateng. Lembaga Amil Zakat wajib memberikan pemberdayaan masyarakat. Lazis memberikan pemberdayaan masyarakat yaitu Beberapa program dalam bidang pendidikan terdiri dari Beasiswa, Pesantren, dan Paud atau TPQ. Dalam bidang Ekonomi yang terdiri dari Ternak, Degan, Cukur Rambut selain itu Program Lazis Jateng yaitu Layanan Ambulance untuk masyarakat umum.

Terima kasih KSEI FE Unnes yang telah menyambut kami dengan sangat baik. Terima kasih pula atas ilmu yang telah dibagi dengan kami. Semoga ukhuwah ini akan tetap terjaga dan terus terjalin ke depannya😊


Jalin Ukhuwah Bersama KSEI CIES FEB UB

Sabtu, 6 Mei 2017 KSEI FEB Undip melaksanakan kunjungan studi banding ke KSEI CIES FEB UB, Malang. Anggota KSEI FEB Undip yang hadir pada stuban ini sejumlah 28 orang.

Acara ini dimulai pada pukul 10.00 WIB di Ruang Sidang Gedung Dekanat FEB Universitas Brawijaya yang dibuka oleh MC dan diteruskan dengan tilawah Al-qur’an. Acara selanjutnya yaitu sambutan. Sambutan pertama dari Ketua KSEI CIES FEB UB dilanjutkan dengan sambutan Ketua KSEI FEB Undip.
Setelah itu, acara dilanjutkan dengan presentasi profil KSEI CIES FEB UB terkait struktur organisasi dan program kerja oleh ketua KSEI CIES FEB UB Kemudian dilanjutkan dengan presentasi profil KSEI FEB Undip. Berdasarkan hasil presentasi profil masing-masing KSEI ini di diketahui bahwa ada perbedaan-perbadaan yang ada pada struktur organisasi, program kerja, tugas dan wewenang dari KSEI FEB Undip dan KSEI CIES FEB UB.

Acara selanjutnya yaitu ishoma lalu diteruskan dengan Focus Group Discussion (FGD) . Pada sesi ini pengurus KSEI FEB Undip dan KSEI CIES FEB UB sangat antusias dalam melontarkan pertanyaan-pertanyaan satu sama lain. Saling berbagi cerita bagaimana proses dan kendala apa saja yang dihadapi selama menjalankan tugas di KSEI. Sesi diskusi ini berlangsung selama satu jam.

Tepat pada pukul 14.00 WIB acara ini ditutup oleh MC. Sebelum penutupan, ada penyerahan cinderamata yang diberikan oleh KSEI FEB Undip kepada KSEI CIES FEB UB dan sebaliknya. Setelah acara ditutup kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Sekitar pukul 15.00 KSEI FEB Undip pamit untuk melanjutkan acara selanjutnya yaitu Rihlah ke alun-alun kota Batu dan ke Batu Night Spectacular. Di sana para pengurus KSEI FEB Undip menghabiskan waktu untuk jalan-jalan dan me-refresh pikiran dari rutinitas KSEI dan kuliah.

KSEI Roadshow to School | SMA 5 Semarang

Rabu, 26 April 2017 telah terlaksana rangkaian acara KSEI Roadshow to School yang pertama. KSEI Roadshow to School (KSEI RTS) merupakan acara KSEI FEB Undip yang bertujuan untuk mengenalkan sejak dini ekonomi islam kepada siswa/siswi SMA sederajat. Rencananya KSEI RTS insyaAllah akan dilaksanakan di 3 SMA di Semarang. SMA Negeri 5 Semarang menjadi pembuka dalam KSEI RTS tahun ini.

Acara dibuka oleh Akhina Victorio Aqsa selaku MC, dilanjutkan dengan pembacaan tilawah. Selanjutnya sambutan-sambutan dari ketua KSEI FEB Undip (Akhina Vega Alberta), dari kepala SMA Negeri 5 Semarang (Bapak

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Bapak Singgih Fatchurochim dari Bank Jateng Syariah. Beliau banyak memberikan materi tentang dasar-dasar ekonomi islam. Bapak Singgih berbagi cerita pada tahun 1998 saat Indonesia dilanda krisis moneter, sebagian besar bank terkena dampak dari peristiwa tersebut. Tetapi bank Muamalat yang menerapkan prinsip syariah menjadi satu-satunya bank yang tidak terkena dampak krisis moneter tersebut. Ini menunjukkan keunggulan bank syariah dibandingkan dengan bank konvensional.

Pembicara kedua yakni Ibu Dewi Kurniawati mengenalkan materi tentang perbankan syariah terkhususnya Bank Jateng Syariah. Bagaimana prinsip-prinsip syariah diterapkan di Bank Syariah dijelaskan oleh Ibu Dewi Kurniawati. Beliau juga mempromosikan tabungan Simpel atau tabungan yang khusus untuk pelajar. Setelah pemaparan materi dari kedua pembicara, selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Terlihat antusias dari siswa siswi yang mengajukan pertanyaan sekitar ekonomi islam. Pemaparan materi diakhiri dengan penyerahan plakat kepada kedua pembicara.

Setelah sesi pembicara dari Bank Jateng Syariah, pembicara selanjutnya dari Otoritas Jasa Keuangan yakni Bapak Zulkifli Mohammad. Beliau mengenalkan OJK serta tugas OJK terkait bank syariah yakni salah satunya tentang pengawasan bank syariah. Sesi setelah pemaparan materi yakni sesi tanya jawab. Terliat antusias yang tinggi dari para siswa. Banyak dari mereka yang mengajukan pertanyaan. Bagaimana potensi bank syariah kedepan hingga ada pertanyaan bagaimana solusi OJK jika mengalami kesulitan-kesulitan dalam pengawasan bank syariah. Selanjutnya penyerahan plakat kepada bapak Zulkifli.

Sebelum penutupan, ada sesi promosi terkait lomba Olimpiade Ekonomi Islam SEHATI 8 yang sampaikan oleh Akhina Firhan. Acara pertama RTS ini ditutup dengan foto bersama antara panitia dan para siswa.

Terima kasih kami sampaikan kepada guru, karyawan, dan siswa siswi SMA Negeri 5 Semarang, serta kepada para pembicara dan panitia yang telah menyukseskan acara RTS pada rangkaian yang pertama ini. Serta telah memberi kesempatan KSEI FEB Undip dalam mendakwahkan ekonomi islam khususnya kepada siswa/siswi SMA sederajat. Semoga materi yang telah disampaikan dapat menambah ilmu bagi para siswa dan dapat menerapkan ekonomi islam dalam kehidupan sehari-hari mereka.


Mempererat Ukhuwah dan Membangun Sinergisitas antar Pengurus melalui Team Building 2017

Dalam sebuah organisasi, diperlukan sinergisitas antar pengurus-pengurus di dalamnya. Untuk mewujudkan sinergisitas tersebut diperlukan kerjasama dan rasa kebersamaan antar pengurus. Maka dari itu KSEI FEB Undip mengadakan acara Team Building guna memperat ukhuwah dan mewujudkan sinergisitas antar sesama pengurus.

Hari ke-1

Kelompok Studi Ekonomi Islam FEB Undip telah melaksanakan Team Building untuk kepengurusan KSEI Seru 2017 pada tanggal 24-26 Februari 2017 lalu.  Peserta mulai berkumpul di Masjid Kampus Universitas Diponegoro pukul 19.00. Peserta Team Building mulai berangkat pukul 20.00 menuju Bandungan Waterpark, Semarang. Sesampainya di lokasi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk pembagian kamar tidur. Peserta juga dibacakan peraturan selama mengikuti Team Building dan diwajibkan untuk mengisi lembar mutabaah.

Hari ke-2

Pukul 03.00 WIB peserta dibangunkan untuk melaksanakan salat Tahajud berjamaah, dilanjutkan dengan salat subuh, dan membaca al matsurat bersama. Di hari kedua ini, peserta dikumpulkan untuk mengikuti serangkaian pemaparan materi dari beberapa narasumber. Materi yang pertama disampaikan oleh Ukhtina Karimatul Hidayah mengenai ke-FoSSEI-an. Ukhtina Karim merupakan wakil ketua KSEI FEB Undip periode 2015-2016 sekaligus merupakan salah satu Bapernas FoSSEI Nasional. Diharapkan dengan pemaparan materi tentang ke-FoSSEI-an ini, peserta terutama pengurus baru dapat lebih mengenal FoSSEI. Terlihat antusias dari pengurus baru maupun pengurus lama saat sesi tanya jawab berlangsung.

Materi selanjutnya mengenai event organizer dipaparkan oleh Akhina Aulia Pradipta. Akhina Dipta merupakan Ketua Senat Mahasiswa FEB Undip periode 2016-2017. Selain pemaparan materi, kak Dipta juga mengajak peserta untuk langsung mempraktekan bagaimana mereka harus mengatasi masalah-masalah yang pasti timbul saat mempersiapkan sebuah event.

Pemaparan  materi yang terakhir disampaikan oleh Akhina Jadug Trimulyo Ainul Amri mengenai keorganisasian. Sama seperti Akhina Dipta, Akhina Jadug juga lebih banyak mengajak para peserta untuk mempraktekkan dengan menyelesaikan sebuah kasus. Terlihat antusias dari peserta saat praktek dan sesi tanya jawab. Selesai materi, peserta dibagi menjadi 5 kelompok untuk mempersiapkan penampilan saat pentas seni. Malam harinya pukul 20.00 masing-masing peserta  menampilkan pentas seni dan yel-yel mereka.

Hari 3

Seperti hari sebelumnya, peserta dibangunkan pukul 03.00 untuk solat tahajud, dilanjutkan solat subuh, dan membaca surat al matsurat. Setelahnya, peserta melakukan senam pagi dan dan sarapan. Acara selanjutnya adalah outbound. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok yakni 4 kelompok akhwat dan 2 kelompok ikhwan. Terdapat 4 pos yang harus dilewati oleh para peserta. Dalam outbound ini diharapkan kerjasama antar peserta Team Building dapat terjalin.

Acara ditutup oleh Presiden Komisaris yakni Akhina Muhammad Fajri, ia berpesan bahwa dengan diadakannya TB ini semoga dapat menjadikan kepengurusan KSEI Seru 2017 menjadi lebih solid, kompak, dan tangguh. Serta ia juga mengucapkan selamat dan sukses dalam menjalankan program kerja selama setahun kedepan.

KSEI Prestatif dalam ajang Temilreg 2017

Kontingen KSEI FEB Undip saat berkompetisi di ajang Temu Ilmiah Regional Jawa Tengah 2017 yang digelar di Universitas Sultan Agung Semarang. Terima kasih atas perjuangan kalian teman-teman. Keep hamasah!!😊

#KseiUndip #TemilregJateng2017 #ekonomrabbanibisa

Alhamdulillah dalam Temilreg Jateng 2017 kali ini KSEI FEB Undip berhasil memperoleh 3 gelar juara yakni:

Juara 1 Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam
Juara 3 Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam
Juara 3 Lomba Video Ekonomi Islam

Terima kasih atas perjuangan kalian teman-teman. Tetap semangat dan saling menjalin ukhuwah yaa😊